#Blogging for Human

Kamis, 12 Februari 2015

Kenali Modus Penipuan Ketika Anda Berlibur

Penipuan bisa terjadi kepada Anda kapan pun dan dimana pun, termasuk ketika Anda sedang berlibur. Tidak asyik rasanya jika liburan justru malah terkena penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Modus penipuan ketika berlibur sekarang ini lebih beragam dan naasnya Anda tidak sadar jika ditipu. Ya namanya juga penipuan.

Namun, Anda perlu tahu saat ini juga bagaimana modus-modus yang biasanya dilakukan oleh penipu ketika menyasar korbannya yang sedang liburan.

Kenali Modus Penipuan Ketika Anda Berlibur

Simak beberapa modus penipuan berikut ini yang telah ditulis oleh Peter John dalam bukunya Around the World on 80 Scams: An Essential Travel Guide.

Penipuan Di Toko

Membeli barang belanjaan ketika berlibur di sebuah toko patut untuk diwaspadai. Karena di tempat inilah salah satu modus penipuan terjadi, yaitu melalui Kasir Toko. Modus yang sering terjadi adalah memberikan uang kembalian yang tidak pas atau kurang. Terlebih jika Anda berlibur ke luar negeri, pastikan Anda hitung secara cermat uang kembalian sebelum meninggalkan kasir.

Pintu Keamanan di Bandara

Seperti yang diinformasikan dalam buku tersebut, modus penipuan yang juga kerap terjadi adalah di bandara. Biasanya terjadi di dalam sistem keamanan bandara ketika Anda melewati pintu keamananan. Modus yang terjadi ketika Anda memasuki pintu keamanan lantas petugas memindai barang dan tas bawaan Anda. Seketika itu juga alarm peringatan bunyi, dan ketika Anda panik, petugas mengambil benda yang ada di dalam tas maupun barang bawaan Anda. Waspadalah dan jangan panik ketika berada di tempat seperti ini. Terlebih jika berlibur ke luar negeri.

Penipuan Oleh Polisi

Polisi memang aparat penegak hukum, namun faktanya banyak modus penipuan yang justru dilakukan oleh polisi. Biasanya polisi akan pura-pura mendatangi Anda jika Anda sudah melanggar hukum atau biasanya masalah lalu lintas. Lalu polisi meminta sejumlah uang yang katanya untuk membayar denda.

Penipuan Melalui Telepon

Menikmati liburan memang asik, namun kalau tiba-tiba dapat telepon yang mengatasnamakan sebuah hotel tempat Anda menginap tentu menjadi was-was. Modus ini biasanya dilakukan lewat telepon yang mengatasnamakan resepsionis hotel dimana Anda menginap, dan meminta informasi kartu kredit Anda dengan berbagai alasan. Jika anda mengalami hal ini, jangan pernah sekali-kali memberitahukan kartu kredit Anda. Lebih baik Anda konfirmasikan ke pihak hotel.

Menu Makanan Palsu

Ini sering terjadi pada wisatawan yang jarang menginap di hotel. Sebenarnya ini bukan penipuan, namun hanya kesalahan dari kita sendiri. Sering terjadi di sebuah hotel, biasanya hotel berbintang yang telah memberikan paket makanan di dalam kamar hotel kita. Kita pikir makanan tersebut sudah termasuk biaya hotel, namun setalah Anda check out, Anda mendapatkan tagihan makanan dalam harga yang fantastis. Ketika Anda memutuskan menginap di hotel, pastikan untuk konfirmasi dahulu masalah makanan yang diberikan apakah sudah termasuk biaya menginap apa belum.

Pastikan liburan Anda menyenangkan dengan selalu berbekal kewaspadaan, terlebih jika berlibur ke luar negeri. Segala sesuatunya perlu dipersiapan secara matang, tidak hanya bekal namun juga informasi lingkungan destinasi wisata Anda. Penipuan selalu mengintai, jika Anda tak mengamatinya dengan lihai.


loading...
Kenali Modus Penipuan Ketika Anda Berlibur 4.5 5 S Adi Firmansyah Kamis, 12 Februari 2015 Berlibur tidak asik kalau tiba-tiba Anda ditipu. Kenali beberapa modus penipuan berikut agar liburan Anda menyenangkan Penipuan bisa terjadi kepada Anda kapan pun dan dimana pun, termasuk ketika Anda sedang berlibur. Ti...
Kamis, 12 Februari 2015Kamis, Februari 12, 2015

Kenali Modus Penipuan Ketika Anda Berlibur

Berlibur tidak asik kalau tiba-tiba Anda ditipu. Kenali beberapa modus penipuan berikut agar liburan Anda menyenangkan 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

1 komentar:

  1. Noted. kalau saya sih seringnya ketipu sama diri sendiri alias salah perhitungan sendiri kalau berhubungan dengan bayar-membayar pakai mata uang asing. misalnya nih ya pas jalan-jalan ke Suria KLCC, mau pipis eh ternyata bayar. 2 RM kata petugasnya. saya oke aja walaupun sedikit heran, masak di mall bayar mau pipis. dalam pikiran saya tuh 2rb. pas temen yang orang Brunai ngedumel masalah harga 2RM itu saya baru nyadar, kalau dirupiahkan 7rb juga boook hehhehhee..

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.