Olahraga Tidak Menjamin Kamu Sehat

Dikategorikan dalam #LBI2015, Gaya Hidup, Kesehatan

Semua orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat bugar dan terhindar dari berbagai penyakit. Tak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk menjaga kesehatan tubuhnya, yaitu dengan berolahraga. Namun, apakah olahraga yang kamu lakukan secara rutin tersebut sudah dapat menjamin kamu sehat?

Dalam faktanya, banyak orang yang telah berolahraga secara rutin namun memiliki penyakit yang tergolong berat. Saya percaya kalau semua itu telah masuk dalam rencana-NYA. Akan tetapi fakta ini ternyata juga diakibatkan oleh kesalahan manusia sendiri dalam menjaga kondisi tubuhnya.

Olahraga Tidak Menjamin Kamu Sehat
sumber foto : hijabspeak.com/wp-content/uploads/2013/11/hijabspeak-olahraga.jpg

Masih banyak orang yang mengira jika olahraga adalah salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan. Padahal itu tidak. Ada beberapa hal lain yang menjadi pengaruh pada kesehatan manusia, diantaranya :

1. Pola Makan

Ya, pola makan orang saat ini memang lebih konsumtif. Apalagi dengan bermunculnya aneka makanan bergengsi dan makanan instant yang bisa dibilang memiliki kandungan lemak kolesterol yang tinggi. Itu dapat memicu timbulnya penyakit dalam tubuh.

2. Gaya Hidup Modern

Di era saat ini, orang sangat dimudahkan dengan berbagai fasilitas dan teknologi yang ada. Sehingga pola gaya hidup menjadi berubah dan intensitas orang menjadi kurang gerak semakin tinggi. Dan juga yang menyebabkan timbulnya penyakit adalah gaya hidup kurang tidur.

3. Suplemen Yang Berlebihan

Saya pernah menemui seorang rekan yang setiap hari mengkonsumsi suplemen kesehatan dengan kadar tinggi yang berfungsi untuk menjaga stamina. Meskipun itu termasuk jenis vitamin atau suplemen kesehatan, namun penggunaan obat-obatan kimia secara berlebih dan rutin akan berdampak buruk bagi kesehatan terutama ginjal. Apalagi penggunaan obat-obatan herbal yang bersumber dari TOGA(Tanaman Obat Keluarga) semakin berkurang bahkan sudah tak diyakini lagi sebagai obat mujarab.

4. Jiwa Tidak Dijaga

Masih banyak yang menghiraukan kesehatan jiwa dan hanya berfokus pada kesehatan raga saja. Padahal jiwa perlu dijaga agar menjadi penyeimbang tubuh. Hal ini bisa dilakukan dengan beribadah dan mendekatkan diri dengan Yang Maha Esa agar jiwa selalu tentram dan tenang. Karena banyak penyakit kronis disebabkan karena gangguan jiwa seperti strees atau depresi. Dan jika sudah bermula dengan gangguan jiwa seperti ini justru akan sulit mengobatinya.

Ya itulah mengapa olahraga saja tidak menjamin kita sehat. Banyak hal yang perlu kita seimbangkan, kita harus menjaga pola makan yang sehat, bergaya hidup yang sehat, serta selalu menjaga pikiran dan jiwa agar selalu tenang dengan mendekatkan diri kepada-NYA.

Jika ingin menjaga kesehatan, mari lakukan secara total. Olahraga saja tidak menjamin kamu sehat!

Baca Artikel Lainnya :

3 komentar

  1. Benar, totalitas menjaga kesehatan itu yang utama. jangan separuh-separuh… demi kesempurnaan

  2. Betul sekali mas, selain berolahraga kita juga menjaga pola hidup sehat seperti makan-makanan sehat dan bergizi serta cukup istirahat.

  3. Dan kebanyakan orang nggak sehat itu justru dari pola makan. Banyak kok yang gemar olah raga tapi pola makannya nggak dijaga juga beresiko kena penyakit.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *