Menapaki Jejak Blogger Melalui Event Blogger

Dikategorikan dalam #LBI2015, Blog, Event

Ngeblog bukan hanya sebatas menorehkan tulisan ke dalam blog maupun blogwalking saja. Namun, dibalik itu semua ada sesuatu yang perlu dijaga dan diwujudkan ke dalam dunia nyata, yaitu kopdar (kopi darat) atau gathering.

Kopdar merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu oleh sesama blogger. Selain dapat bertatap muka secara langsung, juga dapat saling bertukar pikiran antar sesama blogger.

Penting nggak sih, acara blogger itu?

Bagi saya bukan masalah penting atau nggak penting, tapi lebih kepada keharusan untuk diadakannya acara blogger seperti kopdar. Mengapa? Karena :

1. Tambah Kenal

Dengan kopdar maka sesama blogger yang semula hanya berkomunikasi secara online, kini bisa lebih akrab dan lebih kenal melalui dunia nyata. Pasti akan ada hal-hal yang tidak bisa diungkapkan secara online, namun ketika offline akan banyak sekali hal baru yang didapat.

2. Tambah Keluarga
Kalau sudah kenal dan sudah akrab biasanya akan sering berkomunikasi. Dan dapatlah keluarga baru.

3. Tambah Pengalaman
Dengan adanya acara kopi darat apalagi dikemas dengan sebuah acara, akan semakin merekatkan hubungan antar sesama blogger dan yang paling utama adalah dapat menapaki jejak para blogger yang sudah berpengalaman. Dan inilah ilmu yang bisa kita serap.

4. Tambah Rejeki
Biasanya kalau sudah tau seluk beluk blog yang dikelola dan siapa kita, kalau ada rejeki pasti dibagi-bagi. Misalnya kalau lagi dapat tawaran job review atau ada tawaran untuk ikut acara lain. Itu rejeki luar biasa.

Kopdar%2BBN2011 Sidoarjo

Nah, saya sendiri pun sudah pernah mengikuti event-event blogger seperti ini. Yang pertama kali saya ikuti adalah Kopdar Blogger Nusantara Tahun 2011 di Sidoarjo. Kebetulan dulu pas lagi gabung sama Komunitas Blogger Jogja (KBJ) dan saya datang bersama teman-teman KBJ. Kopdar Blogger Nusantara 2011 dulu adalah yang pertama.

Sayangnya untuk Kopdar Blogger Nusantara 2012 yang diadakan di Makassar saya tidak bisa ikut karena terkendala waktu dan transportasi. Tapi tak apa, harapan saya waktu itu tahun 2013 bisa ikut event blogger se-Indonesia ini.

Ternyata harapan saya benar, Kopdar Blogger Nusantara 2013 justru berada di Jogja dan saya malah turut membantu dalam susunan kepanitiaan. Dulu saya jadi Koor. LO. Ya, meskipun acara yang diselenggarakan tidak sesuai agenda namun cukup memberikan pengalaman dalam mempersiapkan event sekelas nasional.

Kopdar%2BBN2013 Jogja%2B3

Pada waktu itu saya kecewa, kecewa bukan karena acaranya tidak sesuai dengan agenda yang disusun, namun kecewa karena tidak bisa merasakan esensi kopdar-nya. Ya, saya terlalu sibuk untuk mengurusi acara supaya semaksimal mungkin bisa lancar dan tak ada waktu untuk ngobrol banyak dengan teman-teman yang datang ke Jogja. Tapi saya tetap senang karena masih ada teman-teman blogger yang masih mengikuti hingga acara berakhir. :’)

Kopdar%2BBN2013 Jogja

Tahun 2015, apa harapan untuk event blogger?

Sudah kita ketahui bersama bahwa tahun 2014 Event Blogger Nusantara tidak diadakan. Saya sebenarnya tahu mengapa tidak ada lagi di tahun 2014 ini. Akan tetapi, saya tetap menyikapinya secara positif. Mungkin ini cara Tuhan agar kita(blogger) lebih erat lagi ketika nanti bertemu di event Blogger Nusantara 2015.

Kopdar%2BBN2013 Jogja%2B2

Rasa kangen suasa kopdarnya agar lebih terasa dan lebih menikmati esensi kopdar yang sebenarnya.

Di tahun 2015 ini event blogger seperti Kopdar Blogger Nusantara bisa diadakan apapun itu bentuk acaranya yang terpenting adalah bagaimana agar blogger-blogger se-Nusantara bisa saling bertemu, bercanda, dan berbagi dalam kebersamaan demi memajukan tanah air Indonesia.

Selain itu juga agar bisa merekatkan kembali komunitas-komunitas blogger daerah yang saat ini menurut saya tidak seramai dan seaktif satu dua tahun yang lalu bahkan mati suri. Sehingga kita sebagai blogger bisa terus menapaki jejak blogger-blogger yang tersebar di tanah Nusantara ini. Blogger Nusantara, Blogger Istimewa!

Baca Artikel Lainnya :

18 komentar

  1. Semoga diadakan acara seperti itu lagi lah ya, ajang berbagi untuk blogger se-Indonesia. πŸ˜€

  2. AMIN Semoga BN2015 ada lagi,,, Minat jadi panitia lagi ga mas? hehe

    Monggo BW πŸ™‚

  3. kalau panitia BN kan tergantu dari tempatnya dimana nanti panitia juga dari sekitar tempat itu πŸ™‚ aku dan kamu kemarin kan panitia lokal gitu.

  4. iya mas πŸ™‚ ya harapan BN2015 ada semoga terwujud. πŸ™‚ Makasih sarannya di blog saya, segera diperbaiki hehe

  5. wah mas udah banyak nih pengalamannya ikutan event blogger ya
    dari fotonya seru banget euy, jadi mupeng πŸ˜€

  6. Iyaya tahun 2014 kemarin sepi event besar. Terakhir tahun 2013 di Jogya. Yah semoga aja deh tahun 2015 ada lagi event raksasa buat blogger. Sudah kangen pengen kumpul-kumpul bareng lagi..

  7. Saya jadi kepengen ikutan, kalau baca tulisan mas vir kayaknya seru sekali ya kalo misalhakan bisa ikutan event blogger, apalagi event tingkat Nasional

  8. Kopdarannya seru juga, jadi pengen ikut. Kapan Ya ada bn lagi? Hehe

    @NurtanioR

  9. Mantap banget mas Virman & Adib, bukan cuma ikutan kopdar tapi jadi panitianya pula πŸ˜€ kalo ada event blogger lagi semoga saya bisa ikut…

  10. Mas, iku kalau ada event blogger ruame gitu duit untuk acara, tempat, snack darimana ya mas?

    @rizalarz >> *ttp://bit.ly/1y3bPE2

  11. satu lagi, tambah kenal makanan, karena sering kali ada menu makanan yang jarang kita temui hehe

    @f_nugroho

  12. Waahh, jadi panitia kopdar dari Blogger Nusantara ya, its cool.. Blogger Nusantara 2015 kapan dan di mana… di Medan aja yuukkk

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *