#Blogging for Human

Senin, 26 Januari 2015

Menapaki Jejak Blogger Melalui Event Blogger

Ngeblog bukan hanya sebatas menorehkan tulisan ke dalam blog maupun blogwalking saja. Namun, dibalik itu semua ada sesuatu yang perlu dijaga dan diwujudkan ke dalam dunia nyata, yaitu kopdar (kopi darat) atau gathering.

Kopdar merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu oleh sesama blogger. Selain dapat bertatap muka secara langsung, juga dapat saling bertukar pikiran antar sesama blogger.

Penting nggak sih, acara blogger itu?

Bagi saya bukan masalah penting atau nggak penting, tapi lebih kepada keharusan untuk diadakannya acara blogger seperti kopdar. Mengapa? Karena :

1. Tambah Kenal

Dengan kopdar maka sesama blogger yang semula hanya berkomunikasi secara online, kini bisa lebih akrab dan lebih kenal melalui dunia nyata. Pasti akan ada hal-hal yang tidak bisa diungkapkan secara online, namun ketika offline akan banyak sekali hal baru yang didapat.

2. Tambah Keluarga
Kalau sudah kenal dan sudah akrab biasanya akan sering berkomunikasi. Dan dapatlah keluarga baru.

3. Tambah Pengalaman
Dengan adanya acara kopi darat apalagi dikemas dengan sebuah acara, akan semakin merekatkan hubungan antar sesama blogger dan yang paling utama adalah dapat menapaki jejak para blogger yang sudah berpengalaman. Dan inilah ilmu yang bisa kita serap.

4. Tambah Rejeki
Biasanya kalau sudah tau seluk beluk blog yang dikelola dan siapa kita, kalau ada rejeki pasti dibagi-bagi. Misalnya kalau lagi dapat tawaran job review atau ada tawaran untuk ikut acara lain. Itu rejeki luar biasa.



Nah, saya sendiri pun sudah pernah mengikuti event-event blogger seperti ini. Yang pertama kali saya ikuti adalah Kopdar Blogger Nusantara Tahun 2011 di Sidoarjo. Kebetulan dulu pas lagi gabung sama Komunitas Blogger Jogja (KBJ) dan saya datang bersama teman-teman KBJ. Kopdar Blogger Nusantara 2011 dulu adalah yang pertama.

Sayangnya untuk Kopdar Blogger Nusantara 2012 yang diadakan di Makassar saya tidak bisa ikut karena terkendala waktu dan transportasi. Tapi tak apa, harapan saya waktu itu tahun 2013 bisa ikut event blogger se-Indonesia ini.

Ternyata harapan saya benar, Kopdar Blogger Nusantara 2013 justru berada di Jogja dan saya malah turut membantu dalam susunan kepanitiaan. Dulu saya jadi Koor. LO. Ya, meskipun acara yang diselenggarakan tidak sesuai agenda namun cukup memberikan pengalaman dalam mempersiapkan event sekelas nasional.


Pada waktu itu saya kecewa, kecewa bukan karena acaranya tidak sesuai dengan agenda yang disusun, namun kecewa karena tidak bisa merasakan esensi kopdar-nya. Ya, saya terlalu sibuk untuk mengurusi acara supaya semaksimal mungkin bisa lancar dan tak ada waktu untuk ngobrol banyak dengan teman-teman yang datang ke Jogja. Tapi saya tetap senang karena masih ada teman-teman blogger yang masih mengikuti hingga acara berakhir. :')


Tahun 2015, apa harapan untuk event blogger?

Sudah kita ketahui bersama bahwa tahun 2014 Event Blogger Nusantara tidak diadakan. Saya sebenarnya tahu mengapa tidak ada lagi di tahun 2014 ini. Akan tetapi, saya tetap menyikapinya secara positif. Mungkin ini cara Tuhan agar kita(blogger) lebih erat lagi ketika nanti bertemu di event Blogger Nusantara 2015.



Rasa kangen suasa kopdarnya agar lebih terasa dan lebih menikmati esensi kopdar yang sebenarnya.

Di tahun 2015 ini event blogger seperti Kopdar Blogger Nusantara bisa diadakan apapun itu bentuk acaranya yang terpenting adalah bagaimana agar blogger-blogger se-Nusantara bisa saling bertemu, bercanda, dan berbagi dalam kebersamaan demi memajukan tanah air Indonesia.

Selain itu juga agar bisa merekatkan kembali komunitas-komunitas blogger daerah yang saat ini menurut saya tidak seramai dan seaktif satu dua tahun yang lalu bahkan mati suri. Sehingga kita sebagai blogger bisa terus menapaki jejak blogger-blogger yang tersebar di tanah Nusantara ini. Blogger Nusantara, Blogger Istimewa!


loading...
Menapaki Jejak Blogger Melalui Event Blogger 4.5 5 S Adi Firmansyah Senin, 26 Januari 2015 Event Kopdar Blogger sangatlah penting karena selain bisa menjadi ajang saling ketemu juga dapat digunakan untuk belajar Ngeblog bukan hanya sebatas menorehkan tulisan ke dalam blog maupun blogwalking saja. Namun, dibalik...
Senin, 26 Januari 2015Senin, Januari 26, 2015

Menapaki Jejak Blogger Melalui Event Blogger

Event Kopdar Blogger sangatlah penting karena selain bisa menjadi ajang saling ketemu juga dapat digunakan untuk belajar 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

18 komentar:

  1. Semoga diadakan acara seperti itu lagi lah ya, ajang berbagi untuk blogger se-Indonesia. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga Din, saya juga sangat menantinya :)

      Hapus
  2. AMIN Semoga BN2015 ada lagi,,, Minat jadi panitia lagi ga mas? hehe

    Monggo BW :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau panitia BN kan tergantu dari tempatnya dimana nanti panitia juga dari sekitar tempat itu :) aku dan kamu kemarin kan panitia lokal gitu.

      Hapus
    2. iya mas :) ya harapan BN2015 ada semoga terwujud. :) Makasih sarannya di blog saya, segera diperbaiki hehe

      Hapus
    3. Mantap banget mas Virman & Adib, bukan cuma ikutan kopdar tapi jadi panitianya pula :D kalo ada event blogger lagi semoga saya bisa ikut...

      Hapus
  3. wah mas udah banyak nih pengalamannya ikutan event blogger ya
    dari fotonya seru banget euy, jadi mupeng :D

    BalasHapus
  4. Iyaya tahun 2014 kemarin sepi event besar. Terakhir tahun 2013 di Jogya. Yah semoga aja deh tahun 2015 ada lagi event raksasa buat blogger. Sudah kangen pengen kumpul-kumpul bareng lagi..

    BalasHapus
  5. wah, senang yaa kopdar besar2an..
    kalo ada acara di Semarang mau ikut nggak Mas? hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah boleh-boleh :) kapan ada acara di semarang

      Hapus
  6. Saya jadi kepengen ikutan, kalau baca tulisan mas vir kayaknya seru sekali ya kalo misalhakan bisa ikutan event blogger, apalagi event tingkat Nasional

    BalasHapus
  7. Kopdarannya seru juga, jadi pengen ikut. Kapan Ya ada bn lagi? Hehe

    @NurtanioR

    BalasHapus
  8. Event blogger tambah kenalan baru, keluarga baru dan tsmbah rejeki pastinya :)

    BalasHapus
  9. Mas, iku kalau ada event blogger ruame gitu duit untuk acara, tempat, snack darimana ya mas?

    @rizalarz >> *ttp://bit.ly/1y3bPE2

    BalasHapus
  10. satu lagi, tambah kenal makanan, karena sering kali ada menu makanan yang jarang kita temui hehe

    @f_nugroho

    BalasHapus
  11. Waahh, jadi panitia kopdar dari Blogger Nusantara ya, its cool.. Blogger Nusantara 2015 kapan dan di mana... di Medan aja yuukkk

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.