#Blogging for Human

Kamis, 08 Januari 2015

Blogger Bisa Jadi Jembatan Marketing di MEA 2015

Sebentar lagi, kita warga bumi se-ASEAN akan menghadapi sebuah transaksi bisnis dengan skala internasional yang menganut sistem pasar bebas. Ini artinya akan ada sebuah transaksi besar-besaran yang secara bebas bisa diperoleh di kawasan Asia Tenggara.

Ya, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 akan segera hadir di akhir tahun ini. Dengan adanya pasar tunggal ini sebuah negara dapat menjual barang dan jasanya dengan mudah ke berbagai negara-negara di kawasan ASEAN. Apa dampaknya? Tentu persaingan akan semakin meningkat dan dengan adanya pasar bebas ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing ASEAN, syukur-syukur bisa menyaingi China dan India.

Blogger Bisa Jadi Jembatan Marketing di MEA 2015


Tentu untuk menghadapi MEA 2015 ini masyarakat Indonesia khusus pelaku usaha menengah ke bawah perlu perhatian khusus dan persiapan yang matang.

Masih ada beberapa bulan untuk mempersiapkan semua, agar Indonesia mampu memenangkan persaingan pasar di kawasan ASEAN ini nanti. Tapi tunggu dulu, dampak dari MEA 2015 ini tidak hanya bagi sektor perdagangan saja, namun juga sangat berpengaruh bagi sektor pekerja di Indonesia.

Ya, tenaga-tenaga kerja profesional di Indonesia nanti juga akan bersaingan dengan tenaga kerja asing.

Kaitannya dengan blogger, adanya MEA 2015 ini blogger sangat berperan penting untuk membantu proses internet marketing terutama untuk produk-produk lokal (UKM) Indonesia.

Kekuatan tulisan blogger bisa dijadikan tombak untuk membantu mempromosikan produk-produk lokal yang saat ini memang sangat sulit untuk masalah pemasaran. Pendampingan perlu dilakukan oleh blogger terhadap produk-produk lokal khususnya UMKM.

Dengan seperti itu maka keberadaan blogger akan lebih bermanfaat untuk masyarakat dan bisa jadi keberadaan blogger akan lebih 'diakui' sebagai profesi yang tidak biasa. Saya sangat yakin jika blogger mampu melakukan itu semua, mengingat saat ini banyak blogger yang telah diajak bekerja sama oleh advertiser brand besar untuk mempromosikan produknya. Kalau brand saja bisa menggunakan keahlian kita, mengapa kita tidak bisa mempromosikan produk lokal?

Hal ini juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Tidak perlu jauh-jauh, cukup cari UMKM yang dekat dengan daerah kita dan kita bisa membantu untuk mempromosikan melalui media blog.

Saya pun sudah memulainya, yaitu dengan membantu salah satu UKM di daerah saya, Klaten, produk lokal Klaten yang perlu pendampingan pemasaran adalah Tenun Lurik. Dengan sedikit keahlian yang saya miliki, saya mencoba untuk membantu pemasaran melalui toko online yang saya buat sendiri di www.distrolurikbatik.com. Insya Allah mulai Februari sudah mulai lebih giat mempromosikan lagi. Mengingat ini produk lokal dan saya sebagai warga Klaten harus membantu memasarkannya. Terlebih untuk menghadapi MEA 2015 nanti.


loading...
Blogger Bisa Jadi Jembatan Marketing di MEA 2015 4.5 5 S Adi Firmansyah Kamis, 08 Januari 2015 Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 akan segera hadir di akhir tahun ini. Dengan adanya pasar tunggal ini sebuah negara dapat menjual barang dan jasanya dengan mudah ke berbagai negara Sebentar lagi, kita warga bumi se-ASEAN akan menghadapi sebuah transaksi bisnis dengan skala interna...
Kamis, 08 Januari 2015Kamis, Januari 08, 2015

Blogger Bisa Jadi Jembatan Marketing di MEA 2015

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 akan segera hadir di akhir tahun ini. Dengan adanya pasar tunggal ini sebuah negara dapat menjual barang dan jasanya dengan mudah ke berbagai negara 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

7 komentar:

  1. Wah udah mulai usaha ternyata, dan katanya udah pernah ekspor ke luar negeri ya mas? Keren! Produk dalam negeri seharusnya begitu, tapi sekarang justru berbalik. Ini saatnya bangkitt!!! :D
    Semoga sukses buat usahanya ya mas :D

    BalasHapus
  2. baru sekedar membantu temen mas :) Aamiiin

    BalasHapus
  3. Wah keren ni mas vir bisa bangun ukm dan memasarkan produk daerah :)

    BalasHapus
  4. wah keren, harus jadi contoh nih....

    BalasHapus
  5. wihh keren dah bisa bikin usaha sendiri,, pas banget jg jadi blogger jd bs promo usahanya ya

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.