Dongkrak Semangat Ngeblog Dengan Ini!

Dikategorikan dalam #LBI2015, Tips

Sebenarnya postingan ini hanyalah salah satu cara saya untuk mengdongkrak semangat nulis saya di blog ini agar bisa rutin setiap hari. Ya, ketika menulis artikel ini pun saya dihadapkan dengan ‘kemalasan‘ yang berdampak pada ‘kebuntuan‘ ingin menulis apa. Padahal saat ini saya sedang mengikuti kompetisi Liga Blogger Indonesia.

dongkrak%2Bsemangat%2Bngeblog

Tak ada salahnya jika apa yang saya alami ini saya share melalui blog ini agar teman-teman blogger yang juga menjadi korban kemalasan seperti saya bisa teratasi.

Dan berikut ini adalah beberapa penyebab kemalasan dan solusinya.

1. Terlalu Aktif di Microblogging

Microblogging seperti Facebook, Twitter, dan semacamnya memang sangat asik karena bisa langsung berinteraksi dengan teman-teman kita. Apalagi jika kita share informasi yang sedang kita lakukan terkini, rasanya puas-puas gimana gituh. Tapi tahu tidak, aktifitas kita di media sosial inilah yang sebenarnya menjadi salah satu penyebab kita menjadi malas menulis di blog. Meskipun di tab sebelah sudah terbuka tab New Post, tapi faktanya kita lebih asik di media sosial. Solusinya adalah Logout dan Tutup tab media sosial. Dengan menutup Tab, maka kita tak akan melihat jika ada notif terbaru, karena notif baru menyebabkan kita betah di media sosial tersebut.

2. Matikan Internet Gadget

Ini adalah benda yang juga membuat rasa malas ngeblog muncul. Kalau sudah megang yang namanya gadget, pasti akan lupa dengan sekeliling. Apalagi jika lagi di chat sama orang yang kamu sayang. Ehem. Solusinya matikan koneksi internet gadget kamu. Kalau sudah dimatikan, lembar ke tempat yang agak jauh, jangan sampai rusak tapi. Tujuannya biar tangan kamu nggak gatel megang itu gadget.

3.  Terlalu Capek

Saat ini saya memang masih bekerja di kantor dari pagi sampai sore. Alhasil waktu ngeblog saya hanya malam hari. Rasa capek selalu menghampiri, karena energi menatap monitor sudah dihabiskan seharian di kantor. Solusinya adalah rehatlah sejenak tapi jangan ketiduran lalu minum air putih yang banyak. Jika perlu buat secangkir kopi untuk meningkatkan lebar tatapan mata. Kalau saya sih, sudah jarang ngopi, tapi lebih demen minum air putih hingga berbotol-botol. Hasilnya adalah sering ke kamar mandi.

4. Sunyi Sepi Sendiri

Keadaan yang sepi, sunyi, sendiri pula (bukan jomblo) terkadang membuat diri ini menjadi seperti di dongeng. Sebenarnya saya suka keadaan yang sepi, tapi kalau sudah capek ditambah sepi dan sunyi membuat rasa ngantuk datang. Akhirnya saya memutar lagu-lagu yang membuat rada bising tapi berirama.

5. Pikiran Penat

Pikiran yang penat efeknya membuat ide menjadi buntu. Alhasil mau nulis pun tidak terkonsep sama sekali bahkan bingung mau nulis apa. Kalau dipaksa takut stress dan asam lambung naik. Solusinya cobalah keluar rumah menghirup udara segar dan jalan-jalan sebentar agar pikiran kembali fresh. Jika perlu pindah posisi agar tidak bosan.

Itulah beberapa cara saya mendongkrak semangat ngeblog. Ya, paling tidak dengan melakukan cara di atas, saya berhasil merilis satu artikel saja. 😀 Daripada tidak sama sekali kan lebih baik satu. Jika kamu punya cara lain bisa dishare melalui kolom komentar di bawah ini. Semangat Ngeblog Guys!

Baca Artikel Lainnya :

1 komentar

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *