Pengen Punya Blog? Baca Ini Dulu

Dikategorikan dalam Blog, Informasi, Tips
cara membuat blog
Ilustrasi Gambar : http://digitalmediafordoctors.com/wp-content/uploads/2013/02/blog.gif
Seseorang kalau ingin sesuatu pasti ada alasannya, kalau tidak ada alasannya itu berarti cuma iseng dan coba-coba dan hal yang seperti itu akan cepat bosennya, alhasil apa yang diinginkannya tidak akan bertahan lama.
Sama juga dengan ngeblog, orang ingin punya blog juga harus ada alasannya. Alasan paling sederhana yang sering aku temui adalah “Ingin belajar blog”. Menurutku itu adalah alasan yang masih mengambang, dan masih menyimpang misteri untuk dipecahkan. Tapi alasannya itu juga ada benarnya, karena jika alasan itu terus dipegang selamanya, alhasil orang yang semula ingin punya blog gara-gara alasan “Ingin belajar blog” dikemudian hari akan menjadi seorang Pakar Blog, karena ia akan terus mendalami dan memperlajari blog meskipun ia sudah tau caranya posting, update, commenting dll. Keren kan.
Nah, oleh karena itu, jika saat ini kamu ingin punya blog, maka tentukanlah alasanmu dulu. Karena blog itu luas, blog itu memiliki aliran-aliran, jadi tidak hanya musik saja yang memiliki aliran, tapi ngeblog juga.
Oke, aku akan memberikan beberapa informasi aliran blog yang memang aku dapatkan dari pengamatan dan pengalaman pribadi maupun orang lain.

1. Aliran Blog Personal

Jika kamu pengen punya blog dengan alasan sebagai tempat curhat tentang kehidupan dan pengalaman-pengalamanmu, aliran blog ini cocok untuk kamu, Jadi, blog kamu bisa diberi nama dengan namamu karena menceritakan tentang kehidupanmu dan pengalamanmu. Apa dampak yang akan terjadi jika kamu fokus di blog personalmu ini? Kamu secara tidak sadar akan membangun personal branding kamu. Apalagi jika domain blog kamu sesuai dengan namamu, itu akan membuat kamu lebih merasa PD untuk ngeblog. Oh ya, orang-orang yang memilih aliran seperti ini mayoritas mereka yang memang memiliki hobi menulis, jadi blog mereka gunakan sebagai sarana writing and publishing.

2. Aliran Blog Monetize

Nah ini nih yang menurut aku membuat orang-orang yang tidak memiliki hobi menulis tetapi punya blog. Karena tujuan dan alasannya adalah monetize, yaitu mencari uang melalui blog. Blog dengan aliran yang seperti ini kontennya tidak berupa curhatan atau pun pengalaman pribadi lagi, tetapi lebih berisi tentang apa yang sering dicari, tentunya yang sering dicari oleh pengguna internet, karena target mereka adalah visitor yang banyak, semakin banyak visitornya potensi untuk mendapatkan earning akan semakin banyak. Kebanyakan yang seperti itu mengandalkan program PPC (Pay Per Click) seperti Google Adsense.

3. Aliran Blog Hobi

Aliran Blog Hobi ini maksudnya jika kamu memiliki sebuah hobi, katakanlah hobi travelling nah kamu ingin punya blog sebagai tempat share hasil travelling mu, entah itu tips traveling, tempat-tempat menarik dll. Aliran blog seperti ini sangat bagus karena memiliki satu niche jadi kontennya tidak gado-gado karena hanya satu topik. Apa yang kamu dapatkan jika kamu fokus di aliran ini? Suatu saat kamu akan mendapatkan sebuah hasil yang tak pernah kamu sangka dari blog aliranmu ini. Sebagai contoh, ada teman saya satu komunitas blog, yang mana ia dulu punya blog karena hanya hobi, dari hobi tersebut ia posting di blog dan lama-lama justru malah menghasilkan dan menjadi sebuah bisnis baik online maupun offline.
Sebenarnya masih ada beberapa aliran lagi, namun aku hanya bisa memberikan ketiga informasi aliran di atas.
Maksud aku memberikan informasi aliran-aliran blog di atas adalah agar kamu yang ingin punya blog, agar lebih fokus lagi dan menentukan tujuan dari awal. Mengapa? Karena agar keinginanmu punya blog itu tak hanya keinginan diawal saja, sehingga kebelakangnya kamu tidak akan menemui rasa jemu saat ngeblog, yang ada malah semangat untuk ngeblog.
Jadi, saran aku, mulai sekarang tentukan tujuanmu punya blog untuk apa dan fokuslah. Karena ngeblog itu tidak gampang, apalagi jika memang tidak memiliki hobi menulis dan ingin punya blog, itu mudah tapi sulit, karena saat dijalan nanti bakal nemuin blank mau nulis apa di blognya, ya itu tadi karena tidak ada tujuan dan alasan punya blog.
Oke mungkin itu saja yang dapat aku sampaikan, kurang lebihnya minta maaf, semoga share kali ini bermanfaat bagi aku pribadi maupun teman-teman yang memang ingin punya blog. Salam Blogging. Ditunggu komentarnya.

Baca Juga : Full Time Blogger, Apakah Akan Masuk Dalam Jenis Pekerjaan di KTP?

Baca Artikel Lainnya :

5 komentar

  1. Wuihhh… mantab… bagus ini buat temen-temen yang masih galau mau mulai ngeblog dari mana…. share.. sharee…

  2. makasih gan, sekedar pengalaman aja nih, ya semoga bisa buat referensi buat yang mau buat blog 🙂

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *