#Blogging for Human

Rabu, 15 Mei 2013

Waspada Penipuan Saat Melamar Kerja

Hati-hati dengan perusahaan fiktif. Semakin tingginya angka pengangguran di negara ini, membuat berbagai macam modus penipuan menjadi meningkat. Tidak hanya orang-orang berduit saja yang menjadi sasaran tetapi juga orang-orang yang sedang mencari pekerjaan.

Saking inginnya mendapatkan pekerjaan, mereka selalu melamar disetiap perusahaan yang ada lowongan pekerjaan tanpa melihat dulu kredibilitas perusahaan, yang ada dalam benak mereka yang penting dapat pekerjaan. Nah, inilah yang menjadi sasaran empuk bagi para penipu saat ini.

Salah penipuan yang terjadi dalam dunia pekerjaan adalah penipuan yang menggunakan kedok "perusahaan". Dengan alasan mengundang interview kepada para pencari kerja, mereka meminta bayaran untuk dapat bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut. Sudah banyak hal semacam ini, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta.

Anda memang sedang mencari kerja, tetapi anda juga harus teliti dan waspada dengan Perusahaan yang akan anda lamar.

Berikut ada beberapa tips dan langkah yang dapat anda ikuti agar terhindar dari penipuan perusahaan fiktif seperti di atas :

  • Kredibilitas perusahaan
Hal ini dapat dilihat dari informasi yang disampaikan pada saat mengundang interview, misalnya jika undangan dikirimkan via email maka HRD akan menggunakan email perusahaan, jika menggunakan telepon pastikan pihak HRD menggunakan telepon kantor.

  • Posisi yang ditawarkan
Jangan sampai Anda membuang waktu Anda untuk datang ke sebuah interview yang berujung menawarkan multi level marketing atau tidak sesuai dengan iklan lowongan yang dipasang.

  • Pungutan Biaya
Modus penipuan yang saat ini sering digunakan oleh pihak "perusahaan" adalah memungut biaya dengan alasan pelatihan ataupun alasan lainnya, jika memang hal ini terjadi sangat disarankan Anda segera melaporkan hal ini kepada pihak yang berwajib.

Nah, oleh karena itu mulai sekarang anda wajib waspada, apalagi jika melamar kerja di kota-kota besar seperti Jakarta yang sangat banyak lowongan-lowongan kerja. Sebisa mungkin kenali dulu perusahaan tersebut, cari informasinya di internet atau teman. Jangan sampai anda jauh-jauh kesana dan pada akhirnya tertipu. 

Referensi : LiNa - JobStreet.com



loading...
Waspada Penipuan Saat Melamar Kerja 4.5 5 Adi Firmansyah Rabu, 15 Mei 2013 Hati-hati dengan perusahaan fiktif. Semakin tingginya angka pengangguran di negara ini, membuat be...
Rabu, 15 Mei 2013Rabu, Mei 15, 2013

Waspada Penipuan Saat Melamar Kerja

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.