Waspada Penipuan Saat Melamar Kerja

Dikategorikan dalam Informasi
Hati-hati dengan perusahaan fiktif. Semakin tingginya angka pengangguran di negara ini, membuat berbagai macam modus penipuan menjadi meningkat. Tidak hanya orang-orang berduit saja yang menjadi sasaran tetapi juga orang-orang yang sedang mencari pekerjaan.
Saking inginnya mendapatkan pekerjaan, mereka selalu melamar disetiap perusahaan yang ada lowongan pekerjaan tanpa melihat dulu kredibilitas perusahaan, yang ada dalam benak mereka yang penting dapat pekerjaan. Nah, inilah yang menjadi sasaran empuk bagi para penipu saat ini.
melamar+kerja
Salah penipuan yang terjadi dalam dunia pekerjaan adalah penipuan yang menggunakan kedok “perusahaan”. Dengan alasan mengundang interview kepada para pencari kerja, mereka meminta bayaran untuk dapat bergabung dan bekerja di perusahaan tersebut. Sudah banyak hal semacam ini, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta.
Anda memang sedang mencari kerja, tetapi anda juga harus teliti dan waspada dengan Perusahaan yang akan anda lamar.
Berikut ada beberapa tips dan langkah yang dapat anda ikuti agar terhindar dari penipuan perusahaan fiktif seperti di atas :
  • Kredibilitas perusahaan
Hal ini dapat dilihat dari informasi yang disampaikan pada saat mengundang interview, misalnya jika undangan dikirimkan via email maka HRD akan menggunakan email perusahaan, jika menggunakan telepon pastikan pihak HRD menggunakan telepon kantor.
  • Posisi yang ditawarkan
Jangan sampai Anda membuang waktu Anda untuk datang ke sebuah interview yang berujung menawarkan multi level marketing atau tidak sesuai dengan iklan lowongan yang dipasang.
  • Pungutan Biaya
Modus penipuan yang saat ini sering digunakan oleh pihak “perusahaan” adalah memungut biaya dengan alasan pelatihan ataupun alasan lainnya, jika memang hal ini terjadi sangat disarankan Anda segera melaporkan hal ini kepada pihak yang berwajib.
Nah, oleh karena itu mulai sekarang anda wajib waspada, apalagi jika melamar kerja di kota-kota besar seperti Jakarta yang sangat banyak lowongan-lowongan kerja. Sebisa mungkin kenali dulu perusahaan tersebut, cari informasinya di internet atau teman. Jangan sampai anda jauh-jauh kesana dan pada akhirnya tertipu. 
Referensi : LiNa – JobStreet.com
Diterbitkan
Dikategorikan dalam Informasi

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *