#Blogging for Human

Minggu, 05 Mei 2013

Proses Pembentukan ASI (Air Susu Ibu)

Proses Pembentukan ASI (Air Susu Ibu) | Kali ini saya ingin sedikit membahas tentang dunia kesehatan yang mana diharapkan bisa sebagai Edukasi kita jika kita baru mengetahuinya saat ini. Setiap manusia pasti pernah minum susu ASI dikala saat bayi yang memang belum bisa makan makanan padat, oleh karena itu bayi harus minum ASI untuk mendapatkan gizi selama proses pertumbuhannya.

Artikel ini sebagai Artikel Edukasi

Tapi tahukah anda bagaimana ASI itu terbentuk ? Inilah salah satu kebesaran Allah SWT, yang mana menciptakan wanita dengan sedimikian rupa dan memiliki tugas yang sangat berharga disepanjang hidupnya apalagi saat mengandung anak sampai mengasuh anak sejak bayi, salah satunya memberikan asupan gizi untuk si bayi melalui ASI.

ASI terbentuk oleh kelenjar buah dada, proses ini terjadi di dalam labulus atau kelenjar air susu, lobulus-lobulus ini bergabung menjadi lobus.

Ketika seorang wanita sudah tumbuh dewasa, hormon estrogen dan progesteran akan berdampak pada perkembangan fisik, salah satunya yaitu dengan ditandainya payudara berkembang dan membesar.
Nah ketika masa kehamilan, hormon ini meningkat dan menstimulasi jaringan yang menyebabkan nyeri pada payudara, pembesaran dan mengeluarkan kolostrum segera setelah lahir, jumlah estrogen dan progesteron menurun dengan tiba-tiba, memicu kelenjar pitutary untuk menghasilkan prolaktin dalam jumlah yang besar.

Oleh karena itu, sekresi ASI segera timbul. Dengan segera disusukan akan memacu lepasnya prolaktin dari hipofise anterior sehingga sekresi ASI oleh kelenjar diperlancar. Dua hari pertama pasca persalinan, mammae kadang-kadang dirasakan penuh dan sedikit sakit (eraogement).

Setelah sekitar 2 minggu, pembentukan ASI rata-rata berkisar 120-180 ml per menyusui. Rangsangan terhadap persiapan dan pengosongan secara teratur dari ductus menyebabkan tetap menghasilkan ASI untuk beberapa bulan bahkan tahun.

- Kalori 75 kal / 100 cc
- Lemak 3,8 %
- Protein 1,6%
- Laktosa 7%
- Mineral : 0,2%
- K : 57 mg%, Na : 15 gr%, Ca : 35 mg%
 
Komposisi ASI
- Lemak : 3,5 – 4,5 gr%
- Laktosa : 7 gr%
- Protein : 0,9%

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan edukasi bagi anda.

Referensi : http://epinzone.blogspot.com/2010/09/proses-pembentukan-asi.html



loading...
Proses Pembentukan ASI (Air Susu Ibu) 4.5 5 Adi Firmansyah Minggu, 05 Mei 2013 Proses Pembentukan ASI (Air Susu Ibu) | Kali ini saya ingin sedikit membahas tentang dunia kesehat...
Minggu, 05 Mei 2013Minggu, Mei 05, 2013

Proses Pembentukan ASI (Air Susu Ibu)

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.