#Blogging for Human

Rabu, 29 Mei 2013

Jurusan Kuliah Yang Bagus Tahun 2013

Jurusan kuliah yang bagus di tahun 2013 ?? Apa itu, apakah memang ada yang bagus ? Ya itu lah yang sedang dicari-cari oleh calon mahasiswa yang baru saja lulus dari bangku SMA/K. Mereka yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi ada yang bingung untuk memilih jurusan kuliah yang cocok.

Kawan-kawanku, sebenarnya tidak ada jurusan kuliah yang tidak bagus. Semua jurusan kuliah itu bagus dan prospek untuk ke depannya. Lalu apa masalahnya di sini ? Oke, kita bahas di sini. Saya cuma ingin share tentang apa yang telah saya alami dan saya amati dalam dunia perkuliahan.

Ada yang bilang jika memilih jurusan kuliah itu harus sesuaikan dengan propek kondisi lapangan pekerjaan yang dibutuhkan 4-5 tahun ke depan, ada juga yang mengatakan kalau mau ambil jurusan kuliah cari yang saat ini sedang banyak dicari orang.

Itu menurut pandangan orang lain, tetapi menurut saya TIDAK. Bagi saya semua jurusan kuliah itu bagus dan sangat prospek bagi setiap orang setelah lulus nanti. Namun, pertanyaannya disini adalah mengapa jika semua bagus masih ada merasa tidak terpuaskan dengan jurusan yang diambilnya? 

Jawabannya adalah karena faktor individu. Ya, kuliah itu tidak lagi seperti saat sekolah SMA/K yang siswanya mendapatkan materi-materi yang full sesuai kurikulumnya. Dalam dunia perkuliahan sistem pengajaran akan berbeda, dimana bisa dikatakan materi yang diberikan Dosen tidak sampai 50%, dosen disini hanya sebagai pembuka pintu, kampus sebagai media sarana mengembangkan diri dan selebihkan tergantung dari masing-masing mahasiswa.

Meskipun anda memilih jurusan kuliah yang dikira anda paling bagus dan prospek tetapi saat kuliah anda hanya mengandalkan materi dari dosen, itu sama saja anda masih sekolah SMA.

Saat kuliah kita dituntut untuk aktif, mencari ilmu sendiri dari sumber luar. Di kampus pun kita bisa mengembangkan diri kita dengan ikut dalam kegiatan-kegiatan organisasi kampus entah itu BEM atau UKM lain. Jadi kuliah tak sekedar datang pulang datang pulang. Kalau cuma seperti itu, saya yakin kuliah tidak ada artinya.

Kembali lagi ke jurusan kuliah, saat ini sedang ngetrend jurusan IT itu untuk anak laki-laki biasa, dan jurusan bidang kesehatan biasanya untuk anak perempuan. Nah, banyak nih yang mereka masuk atau memilih jurusan yang sebenarnya mereka hanya gengsi dan mengikuti trend. Lalu pada akhirnya mereka tidak bisa menikmati kuliah. Saat kuliah pun selalu mengeluh, tugas ini itu banyak.

Menurut saya, ketika kalian ingin mengambil jurusan kuliah, pilihkan jurusan kuliah yang sesuai dengan minat bakat atau passion kamu. Biarkan orang mencemooh mu jika mengatakan jurusan yang kamu pilih tidak akan prospek ke depannya, biarkan saja...... jangan digubrisss...... toh semua itu yang menjalankan juga kamu bukan mereka. Jadi yang terpenting kamu suka dulu, nyaman dulu. Kalau dari awal kamu sudah suka sama jurusan itu, yakin deh, waktu kuliah kamu enjoy saja, tapi enjoy disini enjoy yang menikmati perkuliahan apapun nanti masalah yang ditemuinya.

Nah, jika kalian sudah menemukan jurusan yang sesuai dengan passion kamu, tugas selanjutnya adalah fokus dengan jurusan kamu. Biasanya kalau sudah semester 4 akan ada konsentrasi ilmu, misalnya jika kalian memilih jurusan TI, TI kan luas, nanti akan dipecah jadi beberapa konsentrasi misalnya jaringan, pemrograman, multimedia dll. Jadi yang terpenting fokus. Kalau kalian nanti sudah fokus pasti dalam belajar juga enak.

Setelah itu, kalian wajib ikut organisasi-organisasi kampus, kalau bisa jadi pengurusnya. Ini penting untuk mengembangkan diri kalian, ilmu yang kalian peroleh di kuliah akan diterapkan dalam organisasi ini, selain itu juga akan melatih Soft Skill kalian, yang di dalam perkuliahan tidak diajarkan tentang Soft Skill.

Jadi, kesimpulannya adalah Jurusan Kuliah yang bagus itu bergantung dari masing-masing mahasiswa yang menjalaninya. Bagaimana ia mengolah kuliahnya agar bisa benar-benar bermanfaat, tidak semata-mata hanya berangkat kuliah saja.

Mungkin itu dulu yang bisa saya share kan, maaf jika ada salah kata, namanya juga manusia tetapi jika ini bermanfaat ya syukurlah. Saya ucapkan terima kasih sudah sudi membacanya.



loading...
Jurusan Kuliah Yang Bagus Tahun 2013 4.5 5 Adi Firmansyah Rabu, 29 Mei 2013 Jurusan kuliah yang bagus di tahun 2013 ?? Apa itu, apakah memang ada yang bagus ? Ya itu lah yan...
Rabu, 29 Mei 2013Rabu, Mei 29, 2013

Jurusan Kuliah Yang Bagus Tahun 2013

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.