Dalam Dunia Psikologi, Tipe Kepribadian Manusia ada 4

Dikategorikan dalam Informasi, Edukasi
Tipe Kepribadian Manusia

Dalam Dunia Psikologi, Tipe Kepribadian Manusia ada 4 | Manusia adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah SWT dengan berbagai panca indra dan disertai dengan akal pikiran. Dengan bekal semua itu, manusia diharapkan bisa menggunakannya untuk bekal di dunia dan di akhirat nanti.

Dari berjuta-juta manusia yang ada di bumi ini tentunya semua tidak memiliki karakter yang sama, jika pun ada itu tidak sama persis.   Di dalam dunia Psikologi, telah dijelaskan bahwa manusia memiliki 4 tipe atau karakter kepribadian. Karakter manusia tersebut bisa dibawa sejak lahir (keturunan/gen) dan bisa juga karena faktor lingkungan.

Jadi, tidak heran jika setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda-beda dalam sebuah diskusi, karena itu sudah menjadi kodrat dari manusia.

Ada 4 Tipe Kepribadian Manusia menurut Dunia Psikologi :

Tipe Kepribadian Manusia

1. Melankolis

Meruapakan temperamen yang paling kaya. Ia memiliki rasa seni yang tinggi, kemampuan analitis yang kuat, perfeksionis, sensitif, berbakat dan rela berkorban.

Perasaan sangat berpengaruh pada pribadi seorang melankolis, ia adalah orang yang introvert tapi apabila ia sedang berada dalam puncak suka citanya, ia bisa saja menjadi lebih ekstrovert. Pribadinya yang sangat perfeksionis cenderung membuatnya sering menyalahkan diri sendiri dan menjadi rendah diri.

Padahal ia adalah seseorang yang memiliki daya analitik yang hebat yang mampu memperhitungkan bahaya, halangan dalam setiap proyek secara akurat. Perasaan mereka yang peka dan sensitif juga dapat membuat mereka jadi pendendam dan sering terlihat murung. Orang melankolis cenderung memilih pekerjaan yang membutuhkan pengorbanan dan ketekunan, sekali ia memilih sesuatu maka ia akan tetap setiap mengerjakannya

2. Plegmatis

Merupakan seseorang yang memiliki sifat alamiah pendamai, tidak suka kekerasan. Merupakan orang yang mudah diajak bergaul, ramah dan menyenangkan. Ia adalah tipe orang yang bisa membuat sekelompok orang tertawa terbahak-bahak oleh humor-humor keringnya meski ia sendiri tidak tertawa.

Merupakan pribadi yang konsisten, tenang dan jarang sekali terpengaruh dengan lingkungannya, tidak pernah terlihat gelisah. Di balik pribadinya yang dingin dan malu-malu, sesungguhnya ia memiliki kemampuan untuk dapat lebih merasakan emosi yang terkandung pada sesuatu. Karena sifat yang menyukai kedamaian dan tidak menyukai pertikaian, ia cenderung menarik diri dari segala maca keterlibatan.

Hal inilah yang sering kali menghambatnya untuk menunjukkan kemampuannya secara total dan menjadi cenderung pasif dan pemalas.

3. Sanguin

Tipe sanguin adalah orang yang sangat bersemangat dalam hidupnya, ia selalu tampak ceria, hangat, bersahabat dan sangat menikmati hidup. Hal ini disebabkan karena ia memiliki sifat yang mudah menerima sehingga kesan-kesan dari luar dapat dengan mudah masuk ke dalam hatinya. Seorang sanguin cenderung lebih mendasarkan perasaannya daripada pemikirannya saat ia mengambil keputusan.

Orang sanguin sangat menyukai kesenangan, mereka jarang sekali membiarkan hatinya bersedih berlama-lama, ia juga tipe orang yang sangat suka bicara, dengan mudah ia dapat menularkan perasaan semangatnya kepada orang lain melalui perkataannya. Gayanya yang gaduh, bersuara keras dan ramah membuatnya tampak percaya diri lebih daripada yang sebenarnya.

4. Koleris

Seorang koleris memiliki kemauan keras dalam mencapai sesuatu, ia seorang yang berapi-api, aktif, praktis, cekatan, mandiri dan sangat independen. Ia cenderung bersikap tegas dan berpendirian keras dalam mengambil keputusan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Ia tipe orang yang sangat menyukai aktivitas.

Ia tidak perlu dirangsang oleh lingkungannya, tetapi justru ia yang merangsang lingkungannya melalui ide-idenya yang tidak pernah berakhir, rancangan, sasaran dan ambisinya. Ia buka tipe orang yang mudah menyerah terhadap tekanan dari orang lain. Bahkan tekanan tersebut justru semakin mendorongnya untuk terus maju. Bagian yang paling sedikit berkembang dari seorang koleris ialah emosinya.

Orang koleris memiliki temperamen yang meledak-ledak. Ia tidak mudah bersimpati kepada orang lain. Ia buka orang yang dengan mudah mengekspresikan perasaannya kepada orang lain. Ia cenderung tidak peka terhadap kebutuhan orang lain. Ia cenderung bersifat dominan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Nah, kalian termasuk tipe yang mana nih, untuk ciri-ciri masing-masing tipe kepribadian manusia di atas akan aku posting di postingan selanjutnya.

Baca Artikel Lainnya :

2 komentar

  1. saya menyukai tulisan anda tentang tipe kepribadian manusia ada 4 dalam dunia psikologi. hal ini baru saya ketahui setelah membaca postingan anda

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Psikologi

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *