#Blogging for Human

Minggu, 25 Mei 2014

Tips Agar Presentasi Tidak Membuat Ngantuk

Tips Agar Presentasi Tidak Membuat Ngantuk | Presentasi…presentasi dan presentasi. Seolah-olah sudah menjadi hal biasa bagi kalangan mahasiswa disaat kegiatan perkuliahan. Tugas dari dosen adalah satu satu unsur penyebab mengapa harus presentasi.

Bagi sebagian mahasiswa ada yang menganggap tugas presentasi adalah tugas yang berat, namun ada juga yang menganggap tugas menyenangkan. Ya, sebenarnya presentasi adalah metode perkuliahan yang sangat banyak manfaatnya, dan tentunya menyenangkan.

Dengan presentasi, kegiatan perkuliahan tidak akan monotone dan mahasiswa bisa aktif untuk menyampaikan materi yang dibawakannya. Inilah salah satu tujuan dosen memberikan tugas dalam bentuk presentasi, yaitu agar mahasiswa menjadi lebih aktif dan tidak hanya mendengarkan presentasi materi dari dosen saja.

Saat ini pun hamper semua mata kuliah pasti ada tugas yang mengharuskan mahasiswanya untuk menyampaikannya secara presentasi di depan mahasiswa lain, entah itu individu maupun kelompok.

Nah, sering kali jika kita (mahasiswa) membawakan presentasi, terkadang tidak memperhatikan hal-hal yang mendukung untuk presentasi tersebut. Dan kebanyakan saat presentasi di depan kelas, mahasiswa hanya sekedar di depan dan membaca tulisan yang ada di slide presentasi. Padahal, presentasi yang sebenarnya bukan seperti itu.

Beberapa kesalahan yang dilakukan mahasiswa saat presentasi adalah sebagai berikut :
1. Yang mempresentasikan dalam posisi duduk. (Sebenarnya duduk juga boleh, tetapi alangkah baiknya jika presentasi dilakukan dalam posisi berdiri dan menghadap audience.)

2. Saat presentasi hanya membacakan tulisan yang ada di slide, atau membaca catatan yang dibawanya.

3. Slide presentasi bukan pokok pikiran materi melainkan penjelasan-penjelasan lain yang sebenarnya itu harus dijelaskan secara lisan.

4. Tampilan slide yang kurang menarik.

5. Grogi saat presentasi sehingga pembawaan materi presentasi terkadang tidak sesuai alur yang akan disampaikan.

Dari penyebab-penyebab di atas, kita sebagai audien pasti akan jenuh bahkan tidak memperhatikan apa yang sedang dipresentasikan oleh teman kita, dan suasana presentasi pun menjadi tegang, sunyi dan sepi dan yang paling memprihatikan jika ada yang ngantuk, nah, inilah yang perlu kita perhatikan betul saat presentasi.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa anda coba, dan diharapkan nantinya akan membuat presentasi anda menarik dan tidak akan membuat “ngantuk” para audien.

tips presentasi yang menarik
image credit


Berikut tips-tips nya :

1. Baca dan pahami materi yang akan disampaikan.

Hal pertama adalah membaca dan memahami materi yang akan kalian presentasikan nanti. Kalian bisa mendapatkan materi dari mana saja sebagai sumber tambahan.

2. Menuliskan Pokok Utama Materi atau Point-point penting.

Jika kalian sudah memahami materi yang kalian akan presentasikan, kalian selanjutnya bisa menuliskan inti atau point-point yang akan ditampilkan di slide di dalam note terlebih dahulu. Ingat, kalian tidak harus dan bahkan sebenarnya tidak boleh menuliskan seluruh materi ke dalam slide presentasi.

3. Membuat Slide Yang Menarik

Setelah itu kalian tinggal memindahkan point-point tadi ke dalam slide. Buatlah slide yang menarik. Berikan template slide yang sesuai tema materi. Pengaturan warna, gambar, animasi harus selaras sehingga para audien ketika melihat presentasi kalian bisa tertarik untuk mengikutinya.

4. Jelaskan point tadi secara lisan

Ini mungkin yang masih banyak ditemui saat presentasi-presentasi mahasiswa. Saat presentasi, sebisa mungkin kurangi kebiasaan membaca tulisan di slide. Boleh saja membaca tulisan di slide namun hanya point pentingnya tadi, setelah itu anda bisa jelaskan secara lisan point tadi dengan menghadap ke audien. Sehingga audien menjadi antusias memperhatikan penjelasan kalian.

5. Presentasikan sesuai alur dan dengan suara yang jelas.

Agar pendengar tidak bingung dengan presentasi yang kalian sampaikan, kalian bisa membuat sebuah catatan alur-alur yang akan anda sampaikan, sehingga presentasi anda bisa terarah dan runtut. Sampaikan dengan suara yang jelas dan kurangi kata-kata seperti “emm….anu…eee…”.

6. Interaksi dengan Audien

Agar tidak jenuh, kalian bisa mengajak interaksi dengan audien, misalnya dengan pertanyaan-pertanyaan mudah yang masih seputar dengan materi yang kalian sampaikan, sehingga audien pun merasa dihargai dan suasana presentasi menjadi menarik.

Itu beberapa tips agar presentasi tidak membuat ngantuk. Dan untuk model atau gaya presentadi anda bisa sesuaikan sendiri sesuai kreatifitas kalian, misalnya dengan menggunakan Laser Pointer yang bisa memudahkan anda mengatur gerak slide tanpa harus berada di dekat laptop.

Yang paling penting saat presentasi adalah, Percaya Diri dan Fokus. Percaya diri sangatlah penting, jika kalian tidak PD dan Fokus, maka presentasi kalian akan kacau dan tidak sesuai harapan.



loading...
Tips Agar Presentasi Tidak Membuat Ngantuk 4.5 5 Adi Firmansyah Minggu, 25 Mei 2014 Agar presentasi menjadi menarik dan interaktif harus dilakukan dengan percaya diri dan fokus Tips Agar Presentasi Tidak Membuat Ngantuk | Presentasi…presentasi dan presentasi. Seolah-olah su...
Minggu, 25 Mei 2014Minggu, Mei 25, 2014

Tips Agar Presentasi Tidak Membuat Ngantuk

Agar presentasi menjadi menarik dan interaktif harus dilakukan dengan percaya diri dan fokus 4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

4 komentar:

  1. blognya bagus,,bagaimana cara membuat menubar yang paling atas?

    boleh di share ilmunya...

    saya: http://gayatekno.blogspot.com

    BalasHapus
  2. @HS : ya copy paste saya pak CSS nya di atas :)

    BalasHapus
  3. informasinya sangt menarik dan bermanfaat nihhh hehe

    BalasHapus
  4. jadi iget waktu sidang Skripsi hee, janganlupa siapkan Mental dan keberanian dalam menerima pertanyaan dari audens http://goo.gl/xsPjXD

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.