Jadi Hacker Jangan Narsis

Dikategorikan dalam Internet, Website
Jadi Hacker Jangan Narsis, mungkin itu ungkapan yang tepat buat para hacker-hacker yang selalu aktif dalam mencari bugs atau celah keamanan suatu website.
Saya bukan hacker atau lebih tepatnya kurang paham proses hacking itu, yang mau saya tanyakan apakah kalau sudah bisa mengetahui celah keamanan suatu website itu si hacker “harus” memasang laman khusus baik di index maupun halaman khusus dengan identitas dirinya atau komunitasnya?
Mungkin pertanyaan saya ini sangat bertolak belakang dengan pemikiran para hacker. Yaps, mungkin para hacker sengaja membuat seperti itu agar admin web tersebut juga belajar mencari dimana letak bugs atau celah situs yang dikelolanya.
Hackers
Kenapa jika sudah mengetahui celahnya, tidak langsung kontak admin saja tanpa harus merusak tampilannya. Okelah, meskipun salah satu cara hack adalah dengan merubah tampilannya, tetapi jika sudah mengetahui itu, tampilan bisa dikembalikan seperti semula dan selanjutnya si hacker bisa kontak admin langsung dengan memberitahukan bahwa websitenya memiliki celah dan berpotensi terkena serangan dari hacker atau jika si hacker baik hati bisa langsung memberikan letak celah website tersebut.
Tapi apa yang sering saya lihat saat ini, website yang dihack ya pasti tampilannya selalu memiliki background dari si hacker dan communitynya, entah apa maksud semua itu, apakah sebagai ajang bahwa “ini lho aku yang bisa nge-Hack” atau mungkin ingin memberi tahu pada semua orang “hei..situs ini lemah banget, aku pun bisa nge-hacknya” atau mungkin lagi sebagai ajang “Eksis dan narsis”.
Di sini saya tidak menyalahkan kegiatan hacking, justru saya sangat bangga dengan adanya kegiatan hacking ini, karena selain bisa mengasah ilmu (dari sisi hacker) juga bisa menambah pengalaman juga dari sisi admin untuk memaintence websitenya agar lebih safety. Tetapi yang saya tidak inginkan itu output dari kegiatan hack ini seperti yang sudah saya jelaskan di atas.
Nge-Hack boleh-boleh saja, asal jangan terus merusak isi yang ada di dalam website tersebut, jika sudah mengetahui celahnya, silahkan langsung hubungi pihak terkait baik admin atau pihak yang berhubungan dengan website tersebut.
Dan jika anda melakukan hal tersebut, anda pun akan menjadi Hacker yang dipuji, Hacker yang bernilai positif. Karena selama ini citra hacker itu sangatlah buruk.

Baca Artikel Lainnya :

1 komentar

  1. Kadang kala kata2 hacker jadi salah kaprah di masyarakat kita.
    Yang saya tau, bukan berarti saya tau ya 😀 yang merusak itu bukan nya hacker melainkan cracker. Hacker juga terbagi lagi menjadi white hacker dan black hacker, itu yang saya tau dari buku2 🙂

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *