#Blogging for Human

Selasa, 08 Januari 2013

5 LANGKAH MEMULAI BISNIS INTERNET

5 LANGKAH MEMULAI BISNIS INTERNET | Banyak orang yang beranggapan bahwa memulai bisnis melalui internet itu mudah dan tidak memerlukan biaya operasional yang besar. Namun, meskipun mudah dan murah jika anda tidak tekun dalam mengelolanya, hal tersebut justru akan membuat bisnis anda tidak berkembang sama sekali. Sebenarnya mengelola bisnis internet itu tidak jauh beda dengan mengelola bisnis di dunia nyata, yang harus membutuhkan ketekunan.

Ada 5 langkah untuk memulai berbisnis melalui internet. Cara ini tidak rumit asal anda memahami betul langkah-langkah berikut ini :

1. Produk

Langkah awal adalah menentukan produk atau jasa apa yang akan anda jual melalui internet. Dengan menentukan sebuah produk yang spesifik, hal ini akan memudahkan anda untuk melihat peluang atau riset produk dan persaingan pasar di internet. Anda bisa menjual produk dari sistem dropship maupun stock barang sendiri, itu terserah anda.

2. Media

Jika dalam bisnis dunia nyata anda membutuhkan sebuah ruko atau kios untuk mempromosikan jualan anda, dalam bisnis online ini anda harus memiliki sebuah media online untuk media marketing produk anda.
Anda bisa membuat sebuah website toko online dengan gratis melalui blog maupun jejaring sosial.
Inilah yang membuat bisnis internet tidak memerlukan biaya operasional yang besar. Anda tidak perlu memikirkan biaya sewa ruko per bulan dan tagihan-tagihan lainnya. Yang anda butuhkan hanyalah seperangkat computer atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet.

3. Traffic

Inilah faktor utama sebuah bisnis internet. Jika sudah memiliki media berupa website, tugas selanjutnya adalah bagaimana agar website tersebut dapat menghasilkan ratusan bahkan ribuan pengunjung. Tanpa adanya traffic ke web store yang anda miliki, produk yang anda jual tidak ada artinya sama sekali. Di sinilah mulai dibutuhkan ketekunan dan kreatifitas marketing untuk meramaikan trafik pengunjung ke online store anda.
Search Engine Optimization – Langkah yang harus anda tempuh untuk menghasilkan trafik dari mesin pencari seperti Google. Lakukan riset-riset kata kunci yang berkaitan dengan produk anda. Untuk cara mendapatkan trafik pengunjung akan dibahas dalam edisi berikutnya.
Anda dapat mencoba membeli trafik dari Google AdWords yang dapat membantu menghasilkan ribuan trafik yang sesuai target dengan biaya yang terjangkau.

4. Penjualan

Marketing adalah hal yang sangat penting, anda tidak bisa menitikberatkan dari sisi lalu lintas pengunjung website anda.
Untuk mengembangkan bisnis online, anda harus membuat sebuah jaringan. Bangun sebuah jaringan bisnis produk anda dengan membuka sebuah kesempatan bagi Reseller, bisa juga Anda mencoba sistem penjualan afiliasi.
Sistem ini terbilang sangat baik untuk perkembangan bisnis anda. Selain memperluas jaringan, produk anda akan semakin cepat dikenal konsumen.

5. Optimasi

Konsep inti dari bisnis internet anda adalah bagaimana meyakinkan konsumen anda baik yang akan membeli maupun sudah membeli agar kembali lagi ke toko online anda dan selalu berinteraksi dengan anda selaku penjual.
Pelayanan – Melayani pembeli melalui internet tidak semudah melayani pembeli dalam bisnis nyata. Anda sebagai Customer Service harus mengerti betul bagaimana seluk beluk detail produk yang Anda jual.
Jaringan Komunikasi – Buat sebuah variasi lain dalam mengembangkan bisnis anda. Jalin komunikasi antara reseller maupun konsumen. Bentuk sebuah komunitas, jika ada waktu sesekali diadakan pertemuan seperti pelatihan pengembangan bisnis atau seminar. Dari sinilah nanti profit Anda akan datang.

Salah satu penyebab utama kegagalan dalam berbisnis internet adalah mayoritas masih berpikiran bahwa berbisnis melalui internet cepat mendatangkan penghasilan.
Karena hal itulah maka kecermatan dalam berbisnis diabaikan. Terlalu bernafsu untuk meraup keuntungan secara cepat, padahal bisnis melalui internet harus membutuhkan ketekunan yang ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal.



loading...
5 LANGKAH MEMULAI BISNIS INTERNET 4.5 5 Adi Firmansyah Selasa, 08 Januari 2013 5 LANGKAH MEMULAI BISNIS INTERNET | Banyak orang yang beranggapan bahwa memulai bisnis melalui inte...
Selasa, 08 Januari 2013Selasa, Januari 08, 2013

5 LANGKAH MEMULAI BISNIS INTERNET

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

1 komentar:

  1. Bisnis di internet itu susah. Saya masih kesulitan menemukan formula yang tepat mas.

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.