#Blogging for Human

Rabu, 05 Desember 2012

Mengapa Wanita Mudah Menangis

Mengapa Wanita Mudah Menangis | Menangis adalah sebuah keadaan yang natural yang sering dialami manusia. Namun, menangis kerap dialami wanita katimbang pria. Mengapa ini bisa terjadi?

Ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penyebab latar belakang menangis dan jenis air mata serta perbedaan cara laki-laki dan wanita saat menangis.

Wanita secara biologis lebih sering meneteskan air mata katimbang pria. Ketika dilihat melalui mikroskop, sel-sel kelenjar air mata wanita terlihat lebih berbeda daripada pria. Selain itu, saluran air mata pria lebih besar daripada wanita, sehingga jika pria dan wanita menangis, air mata wanita lebih cepat menetes keluar.

Menurut penulis buku, “The Female Brain” Dr Brizendine, kondisi sosial seseorang juga berperan dalam menahan dorongan untuk menangis. Ketika kita mengalami sakit fisik atau kesedihan karena emosional atau frustrasi, amygdala otak, yang merupakan bagian dari sistem limbik atau “otak emosional,” meransang sinyal. Jika stimulus cukup besar, energi dapat berpindah dari area emosional ke dalam strip motor frontal. Saat itulah napas bisa berkembang menjadi terisak-isak.

wanita menangis


Anak laki-laki sering kali menenangkan diri sebelum mereka menangis. “Anak laki-laki diajarkan terus untuk tidak menangis: untuk mengerut wajah mereka, untuk mengalihkan diri mereka,” kata Dr Brizendine,

Penelitian menunjukkan testosteron membantu meningkatkan ambang antara stimulus emosional dan tumpahnya air mata. “Ini membantu mengerem,” kata Dr Brizendine.

Mempelajari air mata dan proses menangis adalah kompleks. Ada dua jenis air mata. Air mata iritan membantu mencuci mata dari debu, dan kotoran. Air mata emosional diciptakan dan dirilis dalam menanggapi stimulus emosional dan rasa sakit fisik.

Semua air mata mengandung protein, garam dan hormon, antara zat lain, tapi air mata emosional memiliki tingkat protein yang lebih tinggi, kata William H. Frey II, ahli syaraf dan ahli biokimia di RS di St Paul, Minn, yang melakukan penelitian ke dalam komposisi air mata. Karenanya jika kita menangis, maka rasa air mata itu sedikit asin.

Salah satu hormon dalam air mata adalah prolaktin yang merupakan katalis laktasi. Sama halnya dalam membantu menghasilkan susu. Prolaktin juga membantu dalam produksi air mata. Pada wanita saat mencapai usia 18 tahun, mereka memiliki 50 persen dan menjadi 60 persen prolaktin, lebih tinggi dalam aliran darah mereka daripada pria. “Kami percaya ini adalah salah satu alasan bahwa perempuan lebih mudah menangis,” kata Frey.

Meskipun demikian, masih banyak yang belum diketahui. Manusia adalah satu-satunya spesies yang menangis akibat emosional, sehingga sulit untuk mempelajari mekanisme internal kelenjar air mata. Hal ini juga tidak mudah untuk merangsang menangis dalam lingkungan penelitian yang sudah dikontrol.

Artikel ini sengaja saya sadur dari sumbernya, karena saya rasa ini perlu di informasikan kepada khalayak umum, semoga bermanfaat.

sumber : http://www.salimah.or.id/inilah-sebab-mengapa-wanita-mudah-menangis/



loading...
Mengapa Wanita Mudah Menangis 4.5 5 Adi Firmansyah Rabu, 05 Desember 2012 Mengapa Wanita Mudah Menangis | Menangis adalah sebuah keadaan yang natural yang sering dialami ma...
Rabu, 05 Desember 2012Rabu, Desember 05, 2012

Mengapa Wanita Mudah Menangis

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.