Inilah Programmer Komputer Pertama di Dunia

Dikategorikan dalam Informasi, Teknologi, Tokoh
Bagi yang suka dengan IT khususnya dibidang software dan programming apakah kalian tahu siapa programmer komputer pertama kali? Yaps, jika anda membuka homepage Google pada 10 Desember 2012 kemarin pasti akan muncul gambar seperti ini :
AdaLovelace
Pada logo Google tersebut menggambar sosok dari “Ada Lovelace” yang merupakan programmer komputer pertama di dunia.
Ia adalah seorang perempuan yang dalam kesehariannya sebagai penulis dan matematikawan dari Inggris.

Siapa Ada Lovelace ?

Ada Lovelace
Ada Lovelace lahir pada 10 Desember 1815, wanita yang memiliki nama lengkap Augusta Ada King ini merupakan putri dari George Gordon Byron dan Annabella. Ayahnya adalah seorang penyair yang terkenal pada masa itu. Tetapi Ada Lovelace tidak pernah mengenal ayahnya karena pernikahan Byron dan Annabella yang singkat.
Saat kecil, Ada Lovelace kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari ibunya, dan yang lebih perhatian justru neneknya yang bernama Judith Milbanke, sehingga ia diasuh oleh neneknya. Saat ini Ada sering sakit-sakitan dan bahkan ia pernah lumpuh hampir 1 tahun dan harus berjalan menggunakan kruk pada 1831.

Inilah Yang Membuat Ada Lovelace Menjadi Matematikawan

Semasa kecilnya, Ada Lovelace sudah dilatih ibunya untuk lebih sering menggunakan otak kirinya. Dan hal ini Sejak kecil, Annabella memang melatih anaknya untuk lebih sering menggunakan otak kirinya. Hal itu juga didukung terhadap kegemarannya dibidang matematika. Ketika berusia 17 tahun, kemampuan Ada dalam hal hitung menghitung mulai terlihat. Salah satu guru Ada, Augustus De Morgan, menyarankan agar Ada Lovelace lebih diarahkan ke bidang tersebut karena memiliki bakat yang luar biasa dalam dirinya.
Pertemuannya dengan Charles Babbage menjadi awal dari meroketnya nama Ada. Babbage sendiri adalah matematikawan asal Inggris yang pertama kali mengemukakan pendapat tentang komputer yang dapat diprogram. Singkat cerita, Ada tertarik dengan program yang saat itu tengah dijalankan Babbage, yakni Difference Engine. Sebaliknya, Babbage juga kagum dengan intelektual dan bakat menulis Ada. Babbage bahkan memberikan julukan “The Enchantress of Numbers” pada Ada. Keduanya pun lantas menjalin kerjasama.

Program Yang Pertama dibuat oleh Ada

Kemudian Ada Lovelace membantu Babbage menulis program komputer pertama di dunia yang diciptakan lewat mesin ciptaan Babbage yang bernama Analytical Engine. Dalam hal ini, peran besar Ada adalah menerjemahkan memoar Luigi Menabrea, seorang matematikawan Italia. Ada juga menulis penjelasan awal tentang komputer dan software, serta menambahkan catatan mengenai metode kalkulasi nomor Bernoulli pada mesin yang dikembangkan Babbage tersebut. Karena hal itulah Ada dikenal sebagai programmer komputer pertama di dunia.
Namun peristiwa tersebut justru membuat persahabatan Ada dan Babbage retak. Babbage yang “tidak terima” meminta Ada untuk menarik kembali semua catatan dan karyanya itu, namun ditolak oleh Ada.

Akhir Masa Hidup Ada Lovelace

Ada ternyata mengidap Kanker rahim dan pendarahan yang pada akhitnya membuat Ada meninggal dunia pada 27 November 1852 di usia 36 tahun, sehingga Ada gagal melanjutkan pengembangannya seputar dunia komputer.
Meskipun gagal melanjutkan programnya, pada 1980 Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamai bahasa pemrograman komputernya dengan nama “Ada” sebagai penghormatan pada Ada. Tak hanya itu, British Computer Society pada 2008 rutin menggelar kompetisi ilmu komputer bagi siswa perempuan secara rutin tiap tahunnya dan menamai medalinya dengan nama “Ada”.
Dan pada setiap pertengahan Oktober, digelar acara “Ada Lovelace Day”, sebuah acara yang bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan perempuan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, teknik, dan matematika.
Inilah Ada, seorang perempuan menciptakan program komputer pertama di dunia.
referensi : http://sidomi.com/147719/ada-lovelace/

Baca Artikel Lainnya :

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *