#Blogging for Human

Senin, 10 Desember 2012

Grebeg Suro, Tradisi Budaya Ponorogo

Ponorogo, Grebeg Suro merupakan salah satu tradisi budaya masyarakat Ponorogo, Jawa Timur. Grebeg Suro ini merupakan sebuah rangkaian acara Pesta Rakyat yang diisi dengan beberapa seni dan tradisi khas Ponorogo, seperti Festival Reog Nasional, Pawai Lintas Sejarah dan Kirab Pusaka serta Larungan Risalah Doa di Telaga Ngebel.

Acara ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan setiap tanggal 1 Muharram atau 1 Suro dalam tahun jawa.

Grebeg Suro ini diawali dengan prosesi penyerahan pusaka ke makan Bupati Pertama Ponorogo, yang selanjutnya dilakukan pawai ratusan rakyat Ponorogo menuju Pusat Kota Ponorogo dengan menaiki bendi dan kuda  hias. Dan akan ada Festival Reog Nasional yang bertempat di Alun-Alin Kota.

Dalam Festival Reog Nasional ini tidak hanya Grup Reog dari Ponorogo saja, tetapi juga grup Reog dari berbagai daerah seperti Jawa Tengah, Lampung, Balikpapan.




Sejarah Grebeg Suro

Grebeg Suro ini diadakan atas dasar kebiasaan yang dilakukan masyarakat Kabupaten Ponorogo yang selalu melakukan tirakatan pada malam 1 Suro yang dilakukan semalaman dengan mengelilingi kota dan berhenti di alun-alun. Atas dasar itulah, pada tahun 1987 timbul inisiatif oleh Bupati Soebarkah Poetro Hadiwirjo untuk mewadahi kegiatan mereka dengan kegiatan yang mengarah pada pelestarian budaya.

Karena dirasa minat pemuda Ponorogo terhadap kesenian ponorogo mulai luntur, sehingga dengan adanya event ini bisa sebagai wadah untuk melestarikan budaya tersebut.

reff : http://id.wikipedia.org/wiki/Grebeg_Suro



loading...
Grebeg Suro, Tradisi Budaya Ponorogo 4.5 5 Adi Firmansyah Senin, 10 Desember 2012 Ponorogo, Grebeg Suro merupakan salah satu tradisi budaya masyarakat Ponorogo, Jawa Timur. Greb...
Senin, 10 Desember 2012Senin, Desember 10, 2012

Grebeg Suro, Tradisi Budaya Ponorogo

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.