#Blogging for Human

Sabtu, 29 September 2012

Sudahkan Anda Menggunakan Smartphone Anda Secara Smart ?

smatphone itu
Menggunakan Smartphone Secara Smart | Apakah Anda punya smartphone atau ponsel pintar ? Apakah Anda sudah menggunakannya selayaknya ponsel pintar? 

Lalu Smartphone itu apa sih? Ya intinya Smartphone itu ponsel yang tidak hanya bisa digunakan untuk sms dan telepon saja :D, lebih mudahnya seperti itu.

Dari yang saya lihat selama ini, saya mengamati bahwa mayoritas terutama kalangan remaja sudah memiliki smartphone yang saya rasa sudah bisa dikatakang canggih. Namun, sangat disayangkan, mereka menggunakannya hanya untuk mengakses internet, terutama Facebook dan Twitter.

Lalu untuk apakah memiliki smartphone jika hanya untuk mengakses Facebook dan Twitter? 

Nah, kali ini saya akan sedikit share apa saja yang bisa kita gunakan atau manfaatkan dari fitur smartphone yang telah terinstall secara default di dalam sistem smartphone ini, dan saya hanya akan memberikan contoh beberapa saja yang mungkin jarang anda pakai, karena sebenarnya manfaat smartphone ini sangatlah banyak dan dalam contoh ini, yang akan saya jelaskan adalah fitur smartphone Android :

1. Fitur Clock (Alarm)
Menurut saya, fitur Alarm yang ada di ponsel pintar Android ini beda dengan fitur Alarm pada ponsel pada umumnya, karena dalam fitur Alarm di Smartphone Android ini ada pengaturan untuk Smart Alarm. Smart Alarm ini fitur untuk membangunkan kita sebelum Alarm utama dibunyikan. Kita bisa mengatur kapan Smart Alarm ini akan bunyi. Misalkan Alarm Utama berbunyi pada pukul 05.00 , terus anda mengatur Smart pada 5 menit sebelum Alarm utama berbunyi, maka pada pukul 04.55, Smart Alarm Anda akan berbunyi, dan yang membedakan Smart Alarm dengan Alarm Utama adalah bunyi alarm yang khas. Smart Alarm memiliki bunyi Alarm yang slow seperti musik relaksasi, sehingga ketika anda mendengarkan alarm pertama kali, anda tidak akan kaget dan tubuh anda pun akan rileks, berbeda dengan alarm yang langsung berbunyi kring..kring.. dan suaranya pun keras, tentu tidak baik untuk tubuh.

2. Fitur Maps, GPS
Jika Anda ingin pergi ke suatu tempat namun anda belum tahu rute jalannya, Anda bisa menggunakan fitur smartphone ini, Fitur Maps dan GPS hampir sudah ada disemua smartphone. Jadi, anda sebenarnya tidak perlu tanya teman anda, misalnya rumah kamu disebelah mana, nanti terus masuk jalan apa, ke kekiri atau kanan, yang perlu Anda tanyakan adalah posisi atau koordinat tempat yang akan anda tuju. Namun, saya sarankan dalam menggunakan GPS ini, untuk beberapa GPS di ponsel lain, terkadang dalam mencari rute, dicari rute yang terpendek, dan terkadang kenyataannya rute terpendek itu, harus melewati gang-gang kecil karena hal ini sudah saya coba. :D

3. Fitur Mail
Jika anda punya email Anda tidak perlu mengecek atau mengirim email melalui PC atau notebook, cukup dengan smartphone anda, sudah bisa berkomunikasi melalui email, karena fitur mail di smartphone juga sudah cukup canggih.

4. Fitur Portable Hotspot
Fitur ini memungkinkan anda untuk share koneksi yang anda miliki ke perangkat lain, baik komputer maupun smartphone lain. Jadi Smartphone anda bisa dikatakan seperti Access point. Namun ingat, jika anda menggunakan paket internet Quota, jika anda share maka quota anda akan segera habis karena dipakai orang banyak :D .Untuk cara menggunakannya silahkan lihat postingan berikut "Cara Menggunakan Samsung Galaxy Mini sebagai Modem"

5. Fitur Calculator
Di dalam fitur kalkulator ini ada fitur kalkulator Scientific, atau kalkulator untuk menghitung seperti cos, tan, sin. Dan anda pun tidak perlu membeli kalkulator khusus scientific lagi.

6. Fitur Reject Message
Fitur reject ini berguna ketika anda misalnya sedang dijalan atau sedang rapat, dan tiba-tiba ada telepon dan anda ingin merejectnya namun juga ingin memberitahu kenapa anda merejectnya. Nah, di bagian pengaturan penggilan, ada fitur Set Reject Message, anda bisa mengatur beberapa pesan yang ingin anda kirim ketika anda mereject telepon, misalnya anda sedang rapat, lalu ada telepon, anda tinggal pilih Reject Call With Message dan pilih pesan yang sudah anda atur sebelumnya misalnya "Maaf saya sedang rapat" lalu tinggal pilih Send. Jadi ini sangat menghemat waktu anda, untuk mengetik pesan dan tidak akan mengganggu aktivitas anda.

Mungkin itu beberapa fitur bawaan smartphone yang bisa saya share, sebenarnya masih ada banyak lagi dan itu tugas anda untuk bisa memaksimalkan ponsel pintar yang anda miliki.

Jika ingin menggunakan tambahan aplikasi lain, kegunaan smartphone ini akan semakin bertambah, misalnya untuk menentukan posisi Kiblat, anda bisa mendownload aplikasi "Qibla Compass", ini sudah saya gunakan untuk menentukan arah kiblat ketika waktu membuat tempat sholat untuk Idul Fitri di tanah lapang. 
Lalu ada lagi aplikasi untuk keamanan, yaitu, Anti Theft (Anti Maling) jadi ketika ponsel anda ditempatkan disuatu tempat, dan tiba-tiba ada yang mengambilnya maka dalam waktu yang telah anda tentukan ponsel itu akan berbunyi alarm layaknya seperti alarm mobil yang dibobol maling. Ada juga aplikasi Office untuk mengetik dokumen, dan masih banyak lagi.

Jadi sangat disayangkan ketika anda memiliki Smartphone (ponsel pintar) namun anda hanya menggunakannya sebatas sms, telepon, internet itu pun hanya untuk membuka facebook, twitter dan chating.

Nah, semoga dengan postingan "Sudahkan Anda Menggunakan Smartphone Anda Secara Smart ?" ini, bisa memberikan informasi tambahan bagi anda yang belum tahu menjadi tahu, dan yang sudah tahu bisa memberitahu yang belum tahu. Salam Blogging :)



loading...
Sudahkan Anda Menggunakan Smartphone Anda Secara Smart ? 4.5 5 Adi Firmansyah Sabtu, 29 September 2012 Menggunakan Smartphone Secara Smart | Apakah Anda punya smartphone atau ponsel pintar ? Apakah ...
Sabtu, 29 September 2012Sabtu, September 29, 2012

Sudahkan Anda Menggunakan Smartphone Anda Secara Smart ?

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

0 komentar pengunjung:

Poskan Komentar

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.