#Blogging for Human

Kamis, 24 Mei 2012

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

Sumber Gambar :
surya-07.blogspot.com
Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia, Teknologi tak lepas dari sebuah informasi, yaps memang jika kita melihat keadaan ini, pemanfaatan teknologi digital sangat meluas khususnya untuk penyebaran informasi di Negara Indonesia tercinta ini.

Sahabat, sebelumnya saya akan sedikit memberikan informasi kepada Anda semua, bahwa saya menulis artikel ini sebenarnya untuk mengikuti Lomba Blog yang diadakan oleh Komunitas Ngawur (Ngeblog Jawa Timur) yang bekerjasama dengan Pusat Teknologi yang semuanya tergabung dalam Blogger Nusantara.

Memang tujuan saya yang utama dari mengikuti Lomba ini bukanlah hadiah yang diberikan, namun saya ingin lebih mengasah wawasan saya dan bakat menulis saya yang mana hal ini memang menjadi tujuan utama dari Komunitas Ngawur dalam menyelenggarakan Lomba Blog ini. Dan saya pun sangat mengapresiasi Event yang mereka selenggarakan dan inilah bentuk apresiasi saya yakni dengan memberikan sedikit gagasan ataupun opini saya mengenai Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia ini.

Baiklah mungkin itu hal yang melatarbelakangi saya membuat artikel ini. 

Sahabat, Jika kita melihat keadaan bidang informasi khususnya di Indonesia, pasti kita beranggapan bahwa semuanya telah terkomunikasi dengan baik dan modern. Dan memang kenyataannya seperti itu, ya meskipun masih banyak kelemahan maupun kekurangan dibidang Informasi di Indonesia.

Dan semua itu tentunya tidak terlepas sebuah alat atau media, dan dalam hal ini Teknologi adalah media yang sangat mendukung untuk menyebarkan informasi.

Bicara masalah teknologi sebenarnya sangat luas, teknologi itu luas dan terus berkembang. Teknologi pun tidak hanya di bidang IT, namun teknologi pun ada disegala bidang, karena Teknologi itu merupakan sebuah media yang digunakan untuk mempermudah segala hal sesuai dalam bidangnya.

Dan saat ini yang menarik dan paling mudah digunakan bahkan paling sering digunakan orang adalah Teknologi Digital. Mengapa paling sering digunakan orang? Ya memang saat ini telah banyak media atau bisa dikatakan device dari Teknologi Digital yang bermunculan bahkan bisa didapatkan secara gratis.

Karena saya juga seorang blogger (orang yang memiliki blog dan suka ngeblog) maka blog adalah salah satu contoh teknologi digital yang bisa digunakan secara gratis, karena telah banyak penyedia layanan blog yang gratis. Lalu sudah tidak asing lagi bagi kita yaitu Social Network yang semakin digandrungi masyarakat dari segala umur, contohnya Facebook dan Twitter.

Menurut saya Teknologi Digital merupakan Teknologi Induk, alasan saya menyebutnya Teknologi Induk karena dengan teknologi digital kita dapat menyebarkan maupun berkontribusi dalam bidang lain diluar bidang teknologi informasi. Sebagai contoh, Website Ecommerce atau Toko Online, di sini peran Teknologi Digital untuk Bidang Ekonomi sangat berperan penting.

Yang menjadi masalah utamanya saat ini adalah Bagaimana kita dapat mengelola dan memanfaatkan Teknologi tersebut agar bisa bermanfaat baik bagi pribadi kita masing-masing maupun orang disekeliling kita dan utamanya Negara Indonesia.

Karena meskipun banyak bermunculan Teknologi Digital yang semakin canggih namun kita tidak dapat mengelolanya itu ya sama saja kita tidak berhasil dalam menggunakan teknologi tersebut dan hanya sia-sia.

Dari tema di atas, lalu bagaimana sih kita dapat memanfaatkan teknologi digital untuk Indonesia ? Di sini saya akan membagi-bagikan ke dalam bidang :

  • Yang Pertama : Teknologi Digital - Ekonomi

Di atas sudah saya jelaskan sedikit, bahwa Teknologi Digital merupakan Teknologi Induk dan Toko Online sebagai contoh pemanfaat teknologi digital dibidang ekonomi. Peranan teknologi digital ekonomi di sini bisa dimanfaatkan oleh individual maupun organisasi. Saya sendiri pun memiliki Toko Online dan saya sangat mengandalkan teknologi digital yang berupa blog dan internet sebagai motor atau kendaraan saya untuk memasarkan produk saya. Dan saya rasa ini adalah hal yang sangat positif untuk memasarkan dan mengenalkan produk saya ke luar daerah dan luar pulau. Sehingga kita yang berada diberbagai tempat di Indonesia ini bisa saling bertukar barang dengan memanfaatkan teknologi digital ini. Jika setiap daerah anggap saja provinsi memiliki media seperti  website yang berisi produk-produk khas dari provinsi tersebut, maka sosialisai dibidang perdagangan di Indonesia ini akan berjalan dengan mudah dan merata sehingga semua pun dapat mengenal satu sama lain produk khasnya. Sebagai contohnya adalah website toko online merchandise Khas Jogja dipasarkan melalui internet maka tidak hanya orang Jogja saja yang mengetahui produknya, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia bahkan Luar negeri sekali pun sehingga banyak konsumen yang tertarik dan pada akhirnya ingin mengunjungi langsung, otomatis banyak wisatawan lokal datang apalagi jika banyak wisatawan asing datang tentunya ini akan sangat berdampak baik bagi Indonesia.

  • Yang Kedua : Teknologi Digital - Komunikasi

Masih ingatkah Anda dengan Tragedi Kecelakaan Pesawat Sukhoi Super Jet 100 ? Yap tentunya dalam tragedi itu, peran dan pemanfaatan teknologi sangatlah vital. Bahkan sebelum terjadi kecelakaan peran teknologi dari Pesawat dan dari Menara ATC (Air Traffic Controller) sangat berperan penting untuk komunikasi antar pesawat di udara dan yang terpenting adalah untuk keselamatan. Jika jika membahas masalah komunikasi, itu sangatlah luas dari komunikasi itu tanpa batas apalagi dengan adanya teknologi Digital ini. Dan saya pun sudah menggunakan teknologi digital ini dalam bidang komunikasi, yaitu dengan memanfaatkan blog sebagai media komunikasi saya kepada orang lain dengan memberikan informasi yang saya miliki. Tentunya dengan informasi yang saya miliki orang-orang dapat mengetahui dan saling sharing dengan informasi tersebut.

  • Yang Ketiga : Teknologi Digital - Sosial

Peran dan Pemanfaatan Teknologi Digital yang satu ini memang saya acungi jempol, karena kita dapat berbagi dengan sesama. Sebagai contohnya telah banyak ditemui lembaga-lembaha nirlaba yang menggunakan teknologi digital untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berbagi materi dengan saudara kita yang kekurangan. Dan saya masih ingat ketika mengikuti Kopdar Blogger Nusantara 2011 dulu, ada perbincangan dengan Blood4LifeID yang merupakan salah satu media untuk menyebarkan informasi bagi yang membutuhkan darah. Dalam hal ini saya pun sudah memanfaatkan apa yang telah mereka buat baik itu seperti media zakat online maupun lainnya dan kita pun turut serta untuk mendukung hal tersebut.

  • Yang Keempat : Teknologi Digital - Pendidikan

Ketika saya pertama kali akan mencari tempat perkuliahan, saya mendapat informasi sekolah tinggi yang saya masuki saat ini bersumber dari informasi di internet. Waktu itu hanya internet tempat saya mencari informasi, karena menurut saya dengan mencari di internet saya bisa lebih efisien dan efektif daripada harus mencari informasi ke kampus satu ke kampus lainnya. Lalu belum lama ini saya mendapatkan informasi tentang Indonesia Mengajar, itu pun saya peroleh dari internet meskipun pada akhirnya tidak lolos. Dan yang terpenting adanya Teknologi Digital ini mampu membuat Dunia Pendidikan semakin berkembang dan maju sehingga akan terciptanya SDM-SDM yang lebih berwawasan. Saya sebagai mahasiswa, sudah merasakannya dalam pemanfaatan teknologi digital ini, tentunya ketika ada tugas-tugas kuliah, dan saya pun mencari referensi-refensi melalui internet. Dan saya pun dapat melihat karya-karya teman mahasiswa lain dari berbagai daerah di Indonesia dengan mudah, seperti hasil Karya Ilmiahnya maupun Tugas-Tugas Akhirnya, sehingga hal ini dapat mempermudah pertukaran informasi antar pelajar di seluruh Indonesia.
Sebenarnya peran teknologi digital di bidang pendidikan ini sangat banyak. Coba sekarang lihat di sekolah-sekolah, pasti mayoritas sistem mengajarnya sudah menggunakan media teknologi seperti slide, bahkan E-Learning yang mana antara pengajar dan pelajar dapat berinteraksi secara online baik itu mengirim tugas dan lainnya.

  • Yang Kelima : Teknologi Digital - Hukum

Bicara masalah hukum, tentu kalian masih ingat dengan Kasus Korupsi Nazarudin. Saya ingat waktu persidangan salah satu terdakwa Kasus Suap Wisma Atlet itu, yang berinisial A.S. Dalam persidangan ada bukti yang berupa transkrip percakapan BBM dan foto-foto bukti yang beredar di Internet. Lagi-lagi dalam hal ini Teknologi Digital menjadi peran penting untuk sedikit membukan kasus suap tersebut. Karena saat ini juga sudah ada UU ITE yang mana bukti digital sudah bisa dijadikan bukti yang sah.

Ketika kalian membukan blog ini, pasti kalian akan melihat tulisan "Tuliskan Apa Yang Engkau Dapatkan di dalam hidupmu ke dalam Sebuah Coretan Kecil, karna itu kan berpengaruh bagi orang lain-The Power of Writing". Karena menurut saya dalam hal ini sebagai blogger, blog itu sebuah jembatan yang mampu menghubungkan antara informasi satu dengan informasi yang lain dan tulisan adalah kunci utamanya.

Informasi sekecil apapun jika kita share ke orang lain itu akan menjadi sebuah informasi yang sangat berharga. 

Teknologi Digital dapat menyatukan antara golongan bawah dengan golongan atas, antara orang biasa dengan orang luar biasa, antara orang dari Sabang sampai Merauke.

Ketika kita mendengar informasi melalui televisi tentang adanya bencana gempa misalnya, lalu kita secara otomatis menyebarkan informasi tersebut baik melalui telepon atau internet lewat jejaring sosial maupun blog, sehingga orang yang tidak menontoh televisi dapat mengetahui informasi tersebut. Website-website penyedia layanan sosial kemanusiaan pun menjadi padat traffik nya karena banyak orang yang ingin membantu dan berbagi.
Dilihat dari contoh kasus tersebut betapa pentingnya peran Teknologi Digital ini. Efisiensi dan efektifitas menjadi salah satu alasan mengapa orang lebih sering menggunakannya.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebuah Teknologi Digital itu jika dimanfaat sesuai penggunaannya maka akan sangat berdampak positif khususnya untuk Negara Indonesia yang memiliki beragam budaya, daerah yang luas dan berbagai polemik yang bermunculan dimasyarakat baik kalangan bawah sampai atas sehingga semua dapat teratasi dengan baik.



loading...
Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia 4.5 5 Adi Firmansyah Kamis, 24 Mei 2012 Sumber Gambar : surya-07.blogspot.com Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia , Teknologi ...
Kamis, 24 Mei 2012Kamis, Mei 24, 2012

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia

4.5 out of 5 based on 24 ratings. 5 user reviews:

Bagi yang kesulitan untuk mengirim komentar di blog ini, silahkan baca ini Cara Mengirim Komentar Melalui Disqus Comment System

7 komentar:

  1. ikut lomba BLOG dari NGAWUR?

    BalasHapus
  2. @abdina: iya, tapi daftarnya terlalu dini nih >.<

    BalasHapus
  3. teknologi memang harus d manfaatkan bukan menyesatkan hehe

    BalasHapus
  4. salam hangat dan sukses selalu.. :)

    BalasHapus
  5. keren tulisannya kang,,,
    keep writing...
    :-D

    BalasHapus
  6. selamat mengikuti lomba,
    salam kenal.
    kunjungi balik ya.
    trims ^.^

    BalasHapus
  7. aspek tekno digital saat ini bisa bermanfaat bagi semua bidang ya :)

    BalasHapus

*Centang "Beri Tahu Saya" untuk mendapatkan notifikasi di email kamu kalau Komentar kamu sudah mendapat balasan dari ku.

*Jika tidak memiliki akun Google, silahkan pilih Name/URL, jangan Anonymous. Komentar dengan Anonymous tidak akan ditampilkan.


*Komentar tidak langsung muncul, karena akan saya moderasi terlebih dahulu.

*Segala bentuk komentar SPAM/Iklan tidak akan ditayangkan.

*Komentarlah sesuai dengan topik artikel di atas (Bisa Kritik/Saran/Kesan/Pertanyaan)

*KOMENTAR MODEL (Like, Nice Article, Thanks infonya, dll) yang hanya bertujuan untuk mendapatkan BACKLINK, tidak akan di APPROVE. Jika ingin mendapatkan BACKLINK dari blog ini silahkan hubungi saya untuk kerjasama SPONSORED POST.